Thursday 13 February 2014

Jangan Takut Naik Pesawat, Mudah ko' cara atasinya...

Liputan6.com, California : Tidak sedikit orang-orang yang menderita fobia naik pesawat

. Takut getarannya, takut jika jatuh atau takut meledak menjadi alasan orang fobia pesawat. Tapi, bagaimana jika penderita fobia pesawat menghadapi situasi yang mengharuskannya naik pesawat? Ada cara yang bisa dilakukan penderita fobia pesawat.
Untuk mengurangi rasa takut ketika naik pesawat, penderita fobia pesawat bisa menerapkan hal-hal berikut yang dilansir eHow, Selasa (13/3/2013).Pelajari statistikTenangkan diri anda dan telitilah seperti apa pesawat yang aman dan jarang mengalami kecelakaan. Sebenarnya, saraf Anda akan lebih rileks saat menyadari kemungkinan terjadinya kecelakaan di kendaraan darat dibanding kecelakaan di pesawat yang sedang terbang.
Berbicara dengan orang lainJika Anda belum pernah naik pesawat karena takut, berbicaralah dengan orang-orang yang sudah pernah. Tanyakan pengalaman mereka ketika naik pesawat. Mintalah ia untuk menjelaskan kondisi saat lepas landas dan mendarat. Ketakutan Anda akan berkurang jika mengetahui dengan jelas kondisi di pesawat sebenarnya.
Siapkan diri AndaJika berpikir bahwa Anda merasa lebih aman duduk di kursi dekat jalan atau di dekat jendela, teleponlah maskapai dan pesan kursinya. Beberapa orang merasa terjebak di pesawat ketika mereka melihat keluar jendela atau bisa berjalan naik dan lorong melebihi batas. Lakukanlah apa yang bisa membuat pengalaman terbang Anda menjadi nyaman.
Alihkan perhatian AndaKetika Anda berada di pesawat terbang, jangan hanya duduk diam di kursi karena hanya membuat pikiran aneh dan rasa gugup. Anda bisa mengalihkannya dengan menyalakan iPod dan mendengarkan lagu-lagu favorit. Bisa juga membaca buku atau majalah yang menarik. Sibukkan diri Anda sehingga tidak berpikir khawatir telalu banyak.
Cobalah rileksTeknik relaksasi bisa membantu anda untuk mengatasi rasa takut terbang. Konsentrasi pada pernapasan dalam saat berada di pesawat. Cobalah relaksasi otot secara terus-menerus. Sehingga bisa melibatkan pergantian antara santai dan tegang pada otot-otot tubuh Anda, mulai dari sepanjang kaki, kepala, dan leher. Fokuslah untuk meredakan ketegangan tubuh Anda.
Bayangkan hal positifApabila tidak nyaman berada di pesawat terbang, cobalah membayangkan hal-hal yang bisa membuat Anda tersenyum. Jika Anda naik pesawat untuk mengunjungi kerabat di negara lain, bayangkan saat itu Anda telah bertemu dengan para kerabat. Itu bisa membuat perjalanan Anda jadi menyenangkan. Lebih baik memikirkan hal yang membuat bahagia dibanding membuat skenario buruk di pesawat.
Jangan memperhatikan detail sesuatu yang burukMeskipun jarang, kecelakaan pesawat memang terjadi. Jika Anda sedang berencana melakukan penerbagan dan melihat berita kecelakaan pesawat, hindarilah melihat informasi secara detail. Lihat berita secukupnya saja. Jangan memborbardir otak Anda dengan detail kecelakaan. Berhentilah melihat sesuatu yang Anda tahu tidak harus dilihat
Jangan minum soda atau kafeinKafein bisa merangsang seseorang menjadi berlebihan sikapnya dan terlalu bersemangat, sesuatu yang berbanding terbalik dengan santai. Sikap yang berlebihan hanya akan meningkatkan rasa gugup Anda. (Zul/Igw)

0 komentar:

Post a Comment

UMROH DAN HAJI PLUS

UMROH DAN HAJI PLUS
 

Site Info

Followers

QuinHan Ticketing&Tour Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide